Faktor Penentu Espresso

Apa itu espresso? Menurut Wikipedia, espresso adalah minuman yang dihasilkan dengan mengekstraksi kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas yang bertekanan tinggi.

Kata espresso berasal dari bahasa Italia, express yang berarti "cepat", karena espresso dibuat untuk segera disajikan kepada pelanggan.

Pada setiap pembuatan espresso akan muncul crema yakni semacam busa berwarna coklat keemasan yang merupakan zat-zat yang terkandung dalam kopi yakni minyak, protein, gula, dll yang mengambang di permukaan.

Single shot espresso diperoleh ketika sekitar 45 ml air panas bertemperatur 88 - 90 ° C disemburkan ke 7 - 9 gram kopi bubuk dengan tekanan 9 atmosfer dalam waktu 30 detik. Sebelumnya bubuk kopi yang ditampung porta filter tersebut sudah dipadatkan pada tekanan tertentu dengan menggunakan tamper. Hasil akhir yang ideal adalah 30 ml espresso, sebagaimana terlihat dalam gambar.

Melihat definisi espresso tersebut, tampaknya ada beberapa parameter yang menentukan rasa secangkir espresso. Diantaranya: kekasar-halusan bubuk kopi, tekanan tamping. Sementara faktor suhu air dan tekanan air adalah parameter yang bisa diatur di mesin kopi. 

Biji kopi espresso lazimnya adalah racikan/ campuran beberapa jenis kopi yang diramu oleh roaster. Kenapa harus terdiri dari beberapa jenis kopi? Supaya espresso yang dihasilkan "kaya" rasa, menghasilkan ratusan komponen zat kimia/ rasa.

Sumber photo: cikopi.com

Comments

Popular Posts